Studi Kualitatif Pengalaman, Persepsi, dan Kesiapan Anak dalam Menghadapi Menarche Dini

  • Ni Made Diaris Universitas Dhyana Pura

Abstract

Latar belakang dan tujuan: hasil penelitian sebelumnya mengggambarkan usia menarche semakin dini. Anak anak yang mengalaim menarche dini cendrung belum siap dan cemas dalam menghadapi periode menstruasi.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengalaman, persepsi, dan kesiapan  anak dalam  menghadapi menarche dini. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam yang dilakukan pada 20 anak yang berusia 10-12 tahun kemudian dianalisis secara thematic. Hasil: Sebagian besar anak memiliki pegetahuan yang cukup terkait menstruasi, namun ada beberapa anak yang mempunyai pengetahuan yang kurang karena belum pernah mendapat informasi yang benar terkait menstruasi terutama dari orang tua. Bagi anak yang sudah cukup pengetahuan dan informasinya terkait menstruasi cendrung menceritakan pengalaman yang positif terkait menarche dan menstruasi. Namun, untuk pengalaman sehari-hari di lingkungan temannya mereka cendrung merasa menstruasi itu hal yang membuat mereka malu terutama yang menstruasi lebih awal dari temannya. Dan dari hasil wawancara didapatkan bahwa sebagian besar anak yang belum mengalami menarche  cendrung mempunyai persepsi yang negative terhadap mensruasi, seperti mersa menstruasi itu kotor, jijik, membuat tidak nyamn, dan malu, sehingga mereka merasa belum siap karena takut dan cemas, namun lebih banyak anak yang siap menghadapi menarcheSimpulan: Sebagain besar anak yang sudah pernah diberikan informasi, memiliki pengetahuan yang baik terkait menstruasi, dan anak yang belum pernah mendapat informasi sebagain besar takut dan kaget saat mengalami menarche. Sebagian besar anak yang belum mengalami menarche cendrung kurang siap menghadapi menstruasi dan cendruang mempunyai persepsi yang negative terhadap mensruasi.

References

Aflaq, F. & Jami, H., 2012. Experiences And Attitudes Related To Menstruation Among Female Students. Pakistan Jurnal Of Psycological Recearch, 27(2), Pp.201–224.
Elizabeth B. Hurlock, 2002. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.
Erviana Ulfa, 2012. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche Di Mi Salafiyah Simbang Kulon 02 Kabupaten Pekalongan. , Xxxiii(2), Pp.81–87. Available At: Http://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/15003161.
Hartatin, Y., Hariani, H. & Makassar, N.H., 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesipan Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche Di Smp Negeri 4 Parepare. , 2, Pp.1–7.
Proverawati, M., 2009. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna, Yogyakarta: Nuha Medika.
Tulus Puji Hastuti , Sri Widatiningsih, A.A., 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan Vi Di Sd Negeri Dangkel Parakan Temanggung Tahun 2014. Jurnal Kebidanan, 3(7), pp.16–23.
Published
2019-03-05
How to Cite
DIARIS, Ni Made. Studi Kualitatif Pengalaman, Persepsi, dan Kesiapan Anak dalam Menghadapi Menarche Dini. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 87-92, mar. 2019. ISSN 2597-7520. Available at: <http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/92>. Date accessed: 12 nov. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.