Penerapan Teknik Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat pada Pasien

  • Priyo Sasmito STIKES YARSI Pontianak
  • Majadanlipah Majadanlipah STIKES Yarsi Pontianak, Indonesia
  • Raihan Raihan STIKES Yarsi Pontianak, Indonesia
  • Ernawati Ernawati STIKES Yarsi Pontianak, Indonesia

Abstract

Proses keperawatan merupakan suatu metode perencanan dan pelaksanaan asuhan keperawatan yang tahapnya dilakukan dengan sistematis dan rasional dengan tujuan menangani masalah kesehatan pasien. Komunikasi dalam bidang keperawatan adalah merupakan suatu dasar dan kunci dari seorang perawat dalam menjalankan tugas-tugasnya. Komunikasi merupakan suatu proses untuk menciptakan hubungan antara perawat dan klien serta dengan tenaga kesehatan lainnya. komunikasi terapeutik adalah pengiriman pesan antara pengirim dan penerima dengan interaksi diantara keduanya yang bertujuan untuk memulihkan kesehatan seseorang yang sedang sakit. Penelitian bertujuanĀ  untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan penerapan teknik komunikasi terapeutik oleh perawat di ruang rawat inap rumah sakit umum YARSI Pontianak. Jenis penelitian deskriptif analitik korelasional, dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 30 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil uji statistik mengunakan uji fisher menunjukan hubungan antara motivasi dengan penerapan teknik komunikasi terapeutik oleh perawat di ruang rawat inap rumah sakit umum YARSI Pontianak (p=0,004). Hasil penelitian didapatkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan penerapan teknik komunikasi terapeutik oleh perawat di ruang rawat inap rumah sakit umum YARSI Pontianak

References

Anwar, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Anak. Skripsi. Dipublikasikan.
Fitria, N. (2014). Analisis Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Di Ruang Rawat Inap RS Pemerintahan dan RS Swasta Semarang Tahun 2014, Skripsi. Dipublikasikan.
Maulana, H.D.J. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrument Keperawatan. Salemba Medika: Jakarta.
Riyaldi, S. (2016). Hubungan Motivasi Kerja Dan Lama Kerja Perawat Dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik Pada Klien Di Ruah Sakit PKU Muhammadiyah Kota Gede Yogyakarta, Skripsi. Dipublikasikan.
Roatib, A. (2007). Hubungan Antara Karakteristik Perawat Dengan Motivasi Perawat Pelaksana Dalam Menerapkan Komunikasi Terapeuti Pada fase kerja Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, Skripsi. Dipublikasikan.
Sitepu, E.C.B. (2012). Hubungan Motivasi Dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Pada Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta, Skripsi. Dipubikasikan.
Published
2019-01-02
How to Cite
SASMITO, Priyo et al. Penerapan Teknik Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat pada Pasien. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 58-64, jan. 2019. ISSN 2597-7520. Available at: <http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/87>. Date accessed: 24 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.32763/juke.v11i2.87.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.