RANCANGAN KEBUTUHAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KESIAPAN PENANGANAN KECELAKAAN SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR

  • Wasis Nugroho Poltekkes Kemenkes Ternate

Abstract

Masalah kesehatan dan kecelakaan sehari-hari juga dapat terjadi di sekolah, dibutuhkan penguatan kebutuhan penanganannya, karena proses pertolongan pertama sangat penting. Anak usia sekolah mempunyai karakteristik senang bermain, aktif bergerak, dan senang bekerja kelompok. Kejadian kecelakaan sehari-hari di sekolah sering terjadi pada anak-anak dipengaruhi oleh kepribadian, cuaca dan tempat, kurangnya pengawasan, bebas melakukan kegiatan apapun, kelambanan yang disebabkan karena buruknya koordinasi otot anak, terlalu aktif, kurangnya pengendalian emosi atau sebagai bentuk pemberontakan anak. Pertolongan pertama di sekolah adalah upaya pertolongan dan perawatan pertama pada anak di sekolah dengan persediaan kelengkapan pertolongan pertama. Tujuan umum adalah mengetahui efektifitas dari rancangan kebutuhan pertolongan pertama pada kesiapan penanganan kecelakaan sehari-hari Anak Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research & Development) sederhana dan untuk merancang kebutuhan pertolongan pertama. Lokasi pelaksanaan penelitian ini di 3 tempat Sekolah Dasar di Kota Ternate. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara dan check list observasi. Untuk membuktikan signifikansi perbedaan sistem kerja lama dan baru tersebut, perlu diuji secara statistik dengan Uji t-test. Hasil yang diperoleh adalah adanya perbedaan antara sistem kerja lama dengan yang baru dengan nilai signifikan >0.005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rancangan model kelengkapan pertolongan pertama yang baru dapat digunakan dalam kesiapan penanganan masalah kesehatan dan kecelakaan sehari-hari anak sekolah dasar di kota Ternate. Sistem penanganan pertama kecelakaan di sekolah dasar perlu di kembangkan menjadi Tas P3K yang dapat dibawa di lingkungan maupun luar sekolah menyesuaikan aktivitas. Perlunya sosialisasi dan pelatihan oleh pemerintah terkait sehingga penggunaan dan pemanfaatan sistem baru dapat berguna

Published
2019-11-12
How to Cite
NUGROHO, Wasis. RANCANGAN KEBUTUHAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KESIAPAN PENANGANAN KECELAKAAN SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 229 - 237, nov. 2019. ISSN 2597-7520. Available at: <http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/164>. Date accessed: 09 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.32763/jurnal kesehatan.v12i2.164.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.