Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu

Authors

  • Debora Tisa Br H Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Keywords:

Edukasi gizi, pengetahuan, sikap gizi seimbang

Abstract

Penggunaan media dapat dikatakan efektif ketika komunikasi dengan media juga dapat mengubah atau mempengaruhi perilaku seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media audio visual (video) terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu. Desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre-post with control group. Penelitian dilakukan tahun 2019 di Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V yang memenuhi kriteria Inklusi dan eksklusi. Semua sampel diberikan kuesioner pre dan post, kemudian diberikan edukasi berupa video. Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh signifikan antara edukasi gizi dengan pengetahuan (p= 0,000) dan sikap (p= 0,022) sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh edukasi gizi menggunakan media audio visual (video) terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu.

References

Arimurti, D. I. (2012). Pengaruh Pemberian Komik Pendidikan Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas V SDN Sukasari 4 Kota Tangerang Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia.

Marisa. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Siswa SDN Bendungan Semarang. Journal Of Nutrition College, 3(4), 925–932.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryanto. (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 3(1), 32–36.

Sari, D. Y. (2017). Pola Makan dan Status Gizi Siswa Kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Magunan. Jurnal Pendidikan Teknik Boga.

Soekirman. (2011). Taking the Indonesian nutrition history to leap into betterment of the future generation : development of the Indonesian Nutrition Guidelines. Asia Paciffic Clinic Nutrition, 20(3), 447–451.

Sulistiyanti, A. (2013). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Nutrisi Selama Kehamilan Di Bidan Praktik Mandiri Sriatun Pacitan. INFOKES, 3(3), 63–75.

Tuzzahroh, F. (2015). Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Media Video, Poster dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa Di SD.

Published

2020-02-13