Peer Educator Dan Komunikator Dapat Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Pernikahan Dini Di SMA Negeri 11 Kota Bengkulu
Abstract
Latar Belakang: Pernikahan usia dini seringkali dilakukan remaja yang disebabkan berbagai faktor. Salah satunya pengetahuan dan sikap remaja tentang pernikahan dini masih bervariasi. Tujuan: Mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap tentang pernikahan dini melalui peer educator dan komunikator di SMA Negeri 11 Kota Bengkulu. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen dengan pre-test dan post-test satu kelompok.Setiap perlakuan diberikan berupa edukasi melalui peer educator dan komunikator pada masing-masing kelompok. Hasil: Hasil analisis uji statistik untuk melihat rerata pengetahuan responden pada kelompok peer educator (88,71) kelompok komunikator (80,97) selisih mean rank (7,74). Hasil analisi uji Mann Whitney diperoleh p=0,000 artinya bahwa skor pengetahuan responden pada kelompok peer educator lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok komunikator. Hasil uji statistik rerata sikap pada kelompok peer educator (37,29) kelompok komunikator (34,94) selisih mean rank (2,35). Hasil Independent T test p=0,000 artinya peningkatan skor sikap lebih tinggi pada kelompok peer educator dibanding kelompok komunikator. Kesimpulan: Temuan ini menegaskan pentingnya pemberian edukasi yang dilakukan oleh peer educator dan komunikator. Namun lebih efektif untuk remaja penyampaian melalui peer educator.