Pemberdayaan Mengenai Cara Mendapatkan Obat Pada Era Digital Dengan Pendekatan Decision Making
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi digital juga berdampak pada bertambahnya sarana untuk mendapatkan obat, yaitu sarana digital dan sarana konvensional. Tentunya ada keuntungan serta risiko dalam perjalanan perkembangan jaman ini, oleh karena itu dibutuhkan edukasi mengenai cara mendapatkan obat pada era digital. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video edukasi dalam pemberdayaan siswa untuk mendapatkan obat pada era digital melalui pendekatan decision-making. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment Pretest and Posttest with Control Group Design dengan pendekatan cross sectional. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Responden penelitian sebanyak 62 orang, terbagi dalam kelompok eksperimen (33 siswa) dan kelompok kontrol (29 siswa). Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui media google form dengan link video edukasi yang ditautkan di dalamnya. Analisis data menggunakan uji t yang dilanjutkan dengan mencari effect size Cohen’s d. Hasil: Pada taraf kepercayaan 95%, video edukasi signifikan menurunkan konflik pengambilan keputusan (p-value < 0,001; Cohen’s d 0,799). Namun video edukasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dan gaya pengambilan keputusan siswa. Kesimpulan: Video edukasi dinilai efektif untuk menurunkan konflik pengambilan keputusan, namun kurang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan gaya pengambilan keputusan untuk mendapatkan obat pada era digital.