Peran Robot untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak dengan Autisme Spectrum Disorder (ASD) : Literatur Review
Abstract
Latar Belakang: Autisme Spectrum Disorder (ASD) merupakan sekumpulan gangguan klinis yang ditandai dengan penurunan persisten komunikasi dan interaksi sosial dalam berbagai konteks termasuk penurunan perilaku komunikatif nonverbal dan ketidakmampuan dalam mengembangkan, memelihara dan memahami hubungan. Banyak anak dengan ASD memperoleh hasil yang buruk dalam interaksi sosial sehingga memberikan terapi yang tepat sangat penting dilakukan agar memperoleh hasil yang optimal di masa depan. Tujuan: studi ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan robot untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak dengan Autisme Spectrum Disorder (ASD). Metode: studi ini merupakan literatur review. Database dan e-resource yang digunakan adalah CINAHL, Pub Med, ProQuest, Science Direct, Scopus dan SAGE dengan beberapa kata kunci robotics, autisme spectrum disorder, interaction social, dan communication. Hasil: Dari 1610 artikel yang disaring menjadi 10 artikel ditemukan bahwa robot memberikan dampak positif dalam interaksi sosial anak ASD. Kesimpulan: Robot dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan interaksi sosial pada Anak ASD