Bahasa indonesia PERANAN PERILAKU DAN DUKUNGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI TANJUNGPINANG

  • Kholilah Samosir Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang

Abstract

Permasalahan pembangunan sanitasi di Indonesia merupakan masalah tantangan sosial-budaya, salah satunya adalah perilaku penduduk yang terbiasa Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan antara Perilaku, Kebiasaan serta Dukungan dari Tokoh  Masyarakat Terhadap kepemilikan jamban sehat di Pesisir Kampung Bugis Kota Tanjungpinang. Penelitian ini termasuk penelitian observasional analitik dan desain yang digunakan adalah cross sectional, yaitu untuk mempelajari dinamika kolerasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada waktu yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat  Kelurahan Kampung Bugis yang berjumlah 372 KK dengan sampel sebanyak 193 KK. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peranan antara Kebiasaan (ρ= 0,000). Tidak terdapat peran antara Pengetahuan (ρ= 0,788), Sikap (ρ= 0,092) serta Dukungan dari Tokoh Masyarakat (ρ= 1,000) terhadap kepemilikan jamban sehat. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah agar seluruh pihak terkait memberikan penyuluhan pada masyarakat Kelurahan Kampung Bugis agar dapat memiliki jamban sehat yang memenuhi syarat kesehatan sehingga layak digunakan.

References

Anggoro, Fani Febri., D. (2015). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Jamban Di Kawasan Perkebunan Kopi. Universitas Jember.
Darsana, I. N. (2012). Faktor - Faktor yang Berhubungan Dengan Kepemilikan Jamban Keluarga di Desa Jehem Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli.
Joseph, Woodford B. S. dan Warouw, F. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tersedianya Jamban Keluarga Sehat di Desa Tompaso Dua Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Universitas Sam Ratulangi.
Junias SM, Mukono J, P. W. (2016). Factor of knowledge and toilet availibity in affecting behaviour of open defecation. International Journal of scientific and research publications. Journal of Scientific and Research Publications, Vol 6(5).
Kasim, D. sy. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Penggunaan Jamban Pada Masyarakat Pesisir Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Universitas Negeri Gorontalo.
Kurniawati, L. D. (2015). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Kepala Keluarga Dalam Pemanfaatan Jamban Di Pemukiman Kampung Nelayan Tambak Lorok Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Meliyanti, F. (2012). Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Ketersediaan Jamban Keluarga di Desa Majar Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Muaradua Kabupaten Oku Selatan. Stikes Al-Maarif Baturaja.
. Meliono, Irmayanti., D. (2007). MPKT Modul I. Jakarta:
Notoadmodjo, S. (2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Pane, E. (2009). Pengaruh Perilaku Keluarga terhadap Penggunaan Jamban. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional.
Pebriani, Rahma Ayu., D. (2012). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Jamban Keluarga dan Kejadian Diare Di Desa Tualang Sembilar Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Universitas Sumatera Utara.
Sari, K. I. M. (2014). Evaluasi Konsistensi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar I Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kab. Polewali Mandar. Universitas Gadjah Mada.
Soekamto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.
UNICEF. (2015). Laporan Tahunan Indonesia. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/Laporan_Tahunan_UNICEF_Indonesia_2015.pdf
Published
2019-05-30
How to Cite
SAMOSIR, Kholilah. Bahasa indonesia PERANAN PERILAKU DAN DUKUNGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI TANJUNGPINANG. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 168-174, may 2019. ISSN 2597-7520. Available at: <http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/115>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.32763/juke.v12i1.115.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.